CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Kamis, 28 Juni 2012

PENGGALANG GARUDA

GARUDA GARUDA GARUDA!! tingkatan tertinggi dalam pramuka setelah seorang penggalang mencapai tingkatan tertinggi, TERAP. Saya, sebagai manusia yang ingin lebih dari apa yang saya punya saya ingin sekali mencapai PENGGALANG GARUDA. Tapi, lihatlah keadaan PRAMUKA di sekolah saya. Bukannya saya tidak cinta dengan apa yang saya punyai, tapi lihatlah sendiri. Sudah banyak orang di lingkungan saya yang memberi semangat dan meotivasi dan ada juga sampai wanti wanti, sapa lagi kalo bukan orang tua tersayang. Emak, dia sering sekali menawarkan kepada saya soal pramuka garuda, tapi jujur saya masih ragu. Kenapa syaratnya terlalu berat. Bahkan saya pernah mendengar dari senior saya, bahwa nantinya di saat seleksi PRAMUKA GARUDA saya hanya diberi 3 batang korek untuk memasak. Saya beranggapan itu hanya untuk menakut nakuti saya. Kalau pun bener sooo, no problem. Melaksanakan akan lebih sulit dari pada mengucapkannya. Selanjutnya masalah saya ada di syarat syarat menjadi pramuka garuda sebagai berikut:

Seorang Pramuka Penggalang ditetapkan sebagai Pramuka Garuda, jika telah memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :

  1. Menjadi contoh yang baik dalam Pasukan Penggalang, di rumah, di sekolah atau di lingkungan pergaulannya, sesuai dengan isi Tri Satya dan Dasa Dharma.
  2. Telah menyelesaikan SKU tingkat Penggalang Terap.
  3. Memiliki Tanda Kecakapan Khusus untuk Pramuka Penggalang, sedikit-dikitnya 10 macam dari 3 bidang TKK, sedikitnya 1 macam TKK Tingkat utama dan 2 macam TKK tingkat Madya, yaitu :
    1. Lima buah TKK wajib yang dipilih antara :
-         TKK Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan.
-         TKK Pengatur rumah
-         TKK Juru Masak
-         TKK Berkemah
-         TKK Penabung
-         TKK Penjahit
-         TKK Juru Kebun
-         TKK Pengaman Kampung
-         TKK Pengamat
-         TKK Bidang olah raga, misalnya gerak jalan, berenang dll.
    1. Lima buah TKK pilihan, yang dapat dipilih diantara TKK yang telah ditetapkan dengan Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.
  1. Dapat menunjukkan hasta karya buatannya sendiri sedikit-dikitnya 10 macam dengan menggunakan sedikitnya 5 macam bahan.
  2. Pernah mengikuti Jambore, Perkemahan, Bakti dan Lomba Tingkat.
  3. Dapat membuktikan sebagai penabung yang rajin dan teratur.
  4. Dapat mempertunjukkan kecakapan di depan umum dalam salah satu bidang seni budaya.
  5. Dapat menjalankan salah satu cabang olah raga, misalnya atletik, renang, senam, gerak jalan atau cabang olah raga lainnya.
  6. Telah Mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat.
Permasalahan saya ada di nomor 3 dan 5. Meskipun saya sudah membuat 3 jenis hasta karya, tetapi untuk membuat 7 lagi adalah hal yang susah. Saya memang penabung, tetapi saya tidak teratur dan tidak rajin. Kebutuhan saya pada tingakatan SMP ini sangatlah banyak. Saya tidak tau kenapa?

 

Sumber: http://kopasga-lintau.blogspot.com/2011/10/syarat-pramuka-garuda-untuk-penggalang.html


Readers, itu adalah penandaan untuk seseorang yang sudah bisa meraih PENGGALANG GARUDA terdapat badge berbentuk segi lima yang nantinya diletakkan di atas badge WOSM (World Organitation Scout Movement) sebelah kanan. Dan di gambar tersebut terdapat tanda PENGGALANG GARUDA yang digunakan pada saat upacara resmi tertentu saja dengan cara di kalungkan diatas kacu/setangan leher dengan letak tepat di tulang dada.

Sekian cerita saya tentang PRAMUKA GARUDA kali ini. Terima kasih
 

2 komentar:

Unknown

wahh keren! gimana sih seleksi garuda itu? apa aja yang bakal diuji?

Unknown

wahh keren! gimana sih seleksi garuda itu? apa aja yang bakal diuji?

Posting Komentar